Jenis Jenis Ular di Malaysia

Malaysia, sebuah negara yang kaya akan alam semula jadi, menyimpan keindahan alam yang mengagumkan. Salah satu aspek penting dari keanekaragaman hayati Malaysia adalah kehadiran berbagai jenis ular yang menarik.

Ular-ular ini memainkan peranan penting dalam ekosistem dan menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan liar di negara ini.

Mereka tersebar di pelbagai habitat seperti hutan, kawasan berair, perkebunan, dan kawasan perkotaan. Berikut adalah beberapa jenis ular yang terdapat di Malaysia:

Ular Krait (Bungarus spp.)

gambar ular krait (bungarus spp.)
gambar ular krait (bungarus spp.)

Ular Krait (Bungarus spp.) merupakan sekelompok spesies ular berbisa yang dapat ditemui di Malaysia. Ular-ular ini juga dikenali sebagai “ular tedung” atau “ular beludak”.

Ular Krait memiliki penampilan yang khas dengan tubuh yang ramping dan panjang.

Beberapa spesies ular Krait memiliki pola belang-belang pada tubuhnya, seperti ular tedung hitam (Bungarus fasciatus), ular tedung selar (Bungarus candidus), dan lain-lain.

Warna tubuhnya bervariasi antara hitam, cokelat, atau abu-abu dengan belang-belang putih atau kuning. Ular Krait cenderung ditemukan di daerah berhutan, semak belukar, dan lingkungan yang lembap di Malaysia.

Mereka adalah pemangsa yang lihai dan memburu mangsa seperti tikus, katak, dan ular kecil lainnya. Bungarus spp. meliputi beberapa spesies, termasuk di antaranya:

  1. Bungarus multicinctus
  2. Bungarus candidus
  3. Bungarus fasciatus
  4. Bungarus flaviceps

Ular Tedung Hitam (Bungarus fasciatus)

gambar ular tedung hitam (bungarus fasciatus)
gambar ular tedung hitam (bungarus fasciatus)

Ular Tedung Hitam (Bungarus fasciatus) ialah salah satu spesies ular berbisa yang boleh dijumpai di Malaysia. Ular ini juga dikenali sebagai “tedung bintang” atau “tedung raja”.

Ular tedung hitam mempunyai penampilan yang mencolok dengan corak belang hitam dan putih yang khas.

Badannya yang ramping dan panjang dilengkapi dengan sisik-sisik yang halus, membolehkannya bergerak dengan lincah dan cepat. Ular ini boleh mencapai panjang sehingga dua meter.

Ular Tedung Selar (Bungarus candidus)

gambar ular tedung selar (bungarus candidus)
gambar ular tedung selar (bungarus candidus)

Ular Tedung Selar (Bungarus candidus) merupakan salah satu spesies ular berbisa yang terdapat di Malaysia. Ular ini juga dikenali sebagai “tedung raja” atau “tedung putih”.

Ular tedung selar mempunyai penampilan yang mencolok dengan tubuh yang ramping dan panjang. Warna dominan pada tubuhnya adalah putih atau krem dengan corak belang-hitam yang jelas.

Ular tedung selar biasanya ditemui di kawasan berair seperti rawa, sungai, dan hutan-hutan lembap di Malaysia. Mereka adalah pemangsa tangguh dan memburu mangsa seperti tikus, katak, dan ular kecil lainnya.

Ular Tedung Sawah (Bungarus javanicus)

gambar ular tedung sawah (bungarus javanicus)
gambar ular tedung sawah (bungarus javanicus)

Ular Tedung Sawah (Bungarus javanicus) merupakan salah satu spesies ular berbisa yang terdapat di Malaysia. Ular ini juga dikenali sebagai “tedung sawah jawa” atau “tedung bintang”.

Ular tedung sawah mempunyai penampilan yang mencolok dengan tubuh yang ramping dan panjang. Warna dominan pada tubuhnya adalah hitam dengan corak belang kuning atau putih yang terang.

Bentuknya yang elegan menjadikannya menarik perhatian.

Ular Belang Kuning (Chrysopelea ornata)

gambar ular belang kuning (chrysopelea ornata)
gambar ular belang kuning (chrysopelea ornata)

Ular Belang Kuning (Chrysopelea ornata) adalah salah satu spesies ular yang ditemui di Malaysia. Ular ini juga dikenali sebagai “ular terbang” atau “ular pohon”.

Ular Belang Kuning memiliki penampilan yang menarik dengan tubuh yang ramping dan panjang. Warna dominan pada tubuhnya adalah kuning cerah dengan corak belang-hitam yang terang.

Ular Belang Kuning dikenal karena kemampuannya untuk meluncur di udara dari pohon ke pohon menggunakan lipatan kulit di sisinya.

Mereka menggunakan metode ini untuk mencari makanan atau untuk menghindari predator. Ini memberi mereka julukan “ular terbang”.

Ular Belang Kuning Kerdil (Chrysopelea paradisi)

gambar ular belang kuning kerdil (chrysopelea paradisi)
gambar ular belang kuning kerdil (chrysopelea paradisi)

Ular Belang Kuning Kerdil (Chrysopelea paradisi) adalah salah satu spesies ular yang dapat ditemui di Malaysia. Ular ini juga dikenal dengan sebutan “ular terbang kerdil” atau “ular pohon kerdil”.

Ular Belang Kuning Kerdil memiliki penampilan yang menarik dengan tubuh yang ramping dan panjang. Warna dominan pada tubuhnya adalah kuning cerah dengan corak belang-hitam yang mencolok.

Seperti nama umumnya, ular ini memiliki kemampuan untuk meluncur di udara dari pohon ke pohon menggunakan lipatan kulit di sisinya.

Mereka menggunakan metode ini untuk mencari makanan, menghindari predator, atau berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

Kemampuan mereka dalam meluncur di udara membuat mereka diketahui sebagai “ular terbang kerdil”.

Ular Kelabu (Dendrelaphis spp.)

gambar ular kelabu (dendrelaphis spp.)
gambar ular kelabu (dendrelaphis spp.)

Ular Kelabu (Dendrelaphis spp.) adalah sekelompok spesies ular yang dapat ditemui di Malaysia. Ular-ular ini juga dikenal dengan sebutan “ular rumput kelabu” atau “ular ranting berwarna kelabu”.

Ular Kelabu memiliki penampilan yang khas dengan tubuh yang ramping dan panjang.

Warna dominan pada tubuhnya adalah kelabu dengan corak belang-belang yang berbeda tergantung pada spesiesnya. Mereka memiliki kemampuan untuk berubah warna sesuai dengan lingkungan sekitar mereka.

Ular Kelabu umumnya ditemukan di daerah bersemak, hutan, dan sekitar perairan di Malaysia. Mereka adalah pemangsa yang tangkas dan memburu mangsa seperti kadal, burung kecil, dan serangga.

Dendrelaphis spp. meliputi beberapa spesies, termasuk di antaranya:

  1. Dendrelaphis pictus
  2. Dendrelaphis caudolineatus
  3. Dendrelaphis formosus
  4. Dendrelaphis kopsteini
  5. Dendrelaphis striatus

Ular Kelabu Hutan (Dendrelaphis caudolineatus)

Ular Kelabu Hutan (Dendrelaphis caudolineatus) adalah satu lagi spesies ular yang ditemui di Malaysia. Ular ini juga dikenali sebagai “ular rumput kelabu” atau “ular ranting ekor bergelombang”.

Ular Kelabu Hutan mempunyai penampilan yang menarik dengan tubuh yang ramping dan panjang. Warna dominan pada tubuhnya adalah kelabu dengan corak belang-belang hitam yang mencolok.

Namun, yang membuat ular ini unik adalah adanya gelombang-gelombang yang terlihat pada ekornya. Ular Kelabu Hutan biasanya ditemui di hutan-hutan dan kawasan bersemak di Malaysia.

Mereka adalah pemangsa yang tangkas dan memburu mangsa seperti kadal, burung kecil, dan serangga. Mereka menggunakan kemampuan merayap dan meluncur dengan lincah untuk mengejar mangsa mereka.

Ular Kelabu Hijau (Dendrelaphis cyanochloris)

gambar ular kelabu hijau (dendrelaphis cyanochloris)
gambar ular kelabu hijau (dendrelaphis cyanochloris)

Ular Kelabu Hijau (Dendrelaphis cyanochloris) adalah salah satu spesies ular yang dapat ditemui di Malaysia. Ular ini juga dikenal dengan sebutan “ular rumput hijau” atau “ular ranting berwarna hijau”.

Ular Kelabu Hijau memiliki penampilan yang menarik dengan tubuh yang ramping dan panjang.

Warna dominan pada tubuhnya adalah hijau yang cerah dengan corak belang-belang hitam yang terlihat jelas. Mereka memiliki kemampuan untuk berubah warna sesuai dengan lingkungan sekitar mereka.

Ular Kelabu Hijau biasanya ditemukan di daerah yang bersemak atau berhutan, terutama di dekat perairan. Mereka adalah pemangsa yang tangkas dan memburu mangsa seperti kadal, burung kecil, dan serangga.

Ular Kepala Merah (Lycodon capucinus)

gambar ular kepala merah (lycodon capucinus)
gambar ular kepala merah (lycodon capucinus)

Ular Kepala Merah (Lycodon capucinus) adalah salah satu spesies ular yang menarik di Malaysia. Ular ini juga dikenal dengan sebutan “ular kepala berwarna merah”.

Ular Kepala Merah memiliki penampilan yang khas dengan tubuh yang ramping dan panjang.

Seperti namanya, ular ini memiliki kepala berwarna merah yang mencolok. Bagian tubuhnya memiliki corak belang-belang berwarna hitam dan abu-abu.

Ular Kepala Merah biasanya ditemukan di hutan-hutan dan kawasan bersemak di Malaysia. Mereka adalah pemangsa yang lihai dan memakan hewan kecil seperti kadal, tikus, dan serangga.

Ular Kepala Pelangi (Lycodon subcinctus)

gambar ular kepala pelangi (lycodon subcinctus)
gambar ular kepala pelangi (lycodon subcinctus)

Ular Kepala Pelangi (Lycodon subcinctus) adalah salah satu spesies ular yang menarik di Malaysia. Ular ini juga dikenal dengan sebutan “ular berkepala warna-warni”.

Ular Kepala Pelangi memiliki penampilan yang mencolok dengan tubuh yang ramping dan panjang.

Kepala ular ini memiliki warna yang beragam, seperti kuning, merah, dan hijau, yang membentuk pola yang indah. Bagian tubuhnya biasanya berwarna hitam dengan corak belang-belang yang terlihat jelas.

Ular Kepala Pelangi biasanya ditemukan di hutan-hutan dan kawasan bersemak di Malaysia. Mereka adalah pemangsa yang lihai dan memakan hewan kecil seperti kadal, tikus, dan serangga.

Ular Pelikat (Python reticulatus)

gambar ular pelikat (python reticulatus)
gambar ular pelikat (python reticulatus)

Ular Pelikat (Python reticulatus) merupakan salah satu spesies ular yang menarik di Malaysia. Ular ini juga dikenal dengan sebutan “ular sanca” atau “ular piton”.

Ular Pelikat memiliki ukuran yang besar dan merupakan salah satu ular terpanjang di dunia. Tubuhnya yang ramping dan berotot dapat tumbuh hingga panjang yang mengesankan, mencapai lebih dari 6 meter.

Ular ini memiliki tubuh yang dilapisi dengan sisik-sisik yang halus dan berwarna cokelat dengan corak belang-belang berwarna kekuningan atau kehitaman.

Ular Pelikat biasanya ditemui di hutan-hutan, kawasan rawa, dan daerah berair di Malaysia. Mereka adalah pemangsa yang kuat dan memakan hewan-hewan seperti mamalia kecil, burung, dan reptil.

Mereka menggunakan tubuh yang lentur dan tenaga yang besar untuk membungkus dan mencekik mangsa mereka sebelum memakannya utuh.

Ular Sawa (Python molurus)

gambar ular sawa (python molurus)
gambar ular sawa (python molurus)

Ular Sawa (Python molurus) merupakan salah satu spesies ular yang menarik di Malaysia. Ular ini juga dikenal dengan sebutan “ular sanca” atau “ular piton”.

Ular Sawa memiliki ukuran yang besar dan menjadi salah satu ular terbesar di dunia. Tubuhnya yang panjang dan berotot dapat mencapai ukuran yang mengesankan, bahkan melebihi 6 meter.

Ular ini memiliki tubuh yang dilapisi dengan sisik-sisik yang halus dan corak belang-belang yang mencolok, dengan warna yang bervariasi mulai dari kuning hingga cokelat tua.

Ular Sawa umumnya ditemui di hutan-hutan, kawasan rawa, dan daerah berair di Malaysia. Mereka adalah pemangsa yang kuat dan memakan hewan-hewan seperti mamalia kecil, burung, dan reptil.

Ular Sawa menggunakan tubuhnya yang lentur dan kekuatan fisiknya untuk membungkus dan mencekik mangsa sebelum memakannya secara utuh.

Ular Hijau Berbelang (Boiga dendrophila)

gambar ular hijau berbelang (Boiga dendrophila)
gambar ular hijau berbelang (Boiga dendrophila)

Ular Hijau Berbelang (Boiga dendrophila) adalah salah satu spesies ular yang menarik perhatian di Malaysia. Dikenal juga sebagai ular hijau pucat, ular hijau berbelang ini memiliki penampilan yang menakjubkan.

Ular hijau berbelang memiliki tubuh yang ramping dan memanjang. Warna dominan pada tubuhnya adalah hijau yang cerah, yang membantu mereka menyamar di antara daun-daun pohon.

Salah satu ciri khas yang membedakan ular ini adalah adanya belitan berbelang yang terlihat jelas pada tubuhnya. Belitan berbelang berwarna hitam ini membantu dalam penyesuaian mereka dengan lingkungan sekitar.

Ular Pucuk Kaca (Calloselasma rhodostoma)

Ular Pucuk Kaca (Calloselasma rhodostoma) adalah salah satu spesies ular berbisa yang terdapat di Malaysia. Ular ini juga dikenali sebagai “ular pasir” atau “ular darah”.

Ular Pucuk Kaca mempunyai penampilan yang mencolok dengan tubuh yang gemuk dan kepala yang besar. Warna dominan pada tubuhnya adalah cokelat kekuningan dengan corak belang hitam yang terang.

Ular Pucuk Kaca biasanya ditemui di kawasan hutan hujan tropika dan kawasan bersemak di Malaysia. Mereka adalah pemangsa tangguh yang memburu mangsa seperti tikus, katak, dan mamalia kecil lainnya.

Ular Pelanduk Hijau (Gonyosoma oxycephalum)

gambar ular pelanduk hijau (gonyosoma oxycephalum)
gambar ular pelanduk hijau (gonyosoma oxycephalum)

Ular Pelanduk Hijau (Gonyosoma oxycephalum) merupakan salah satu spesies ular yang menarik di Malaysia. Ular ini juga dikenali dengan sebutan “ular hijau kepala tumpul”.

Ular Pelanduk Hijau memiliki penampilan yang mencolok dengan tubuh yang ramping dan panjang.

Warna dominan pada tubuhnya adalah hijau cerah yang memikat perhatian. Namun, yang membedakan ular ini adalah kepala yang tumpul dan besar.

Ular Pelanduk Hijau biasanya ditemui di hutan-hutan dan kawasan bersemak di Malaysia. Mereka adalah pemangsa yang lihai dan memangsa burung, kadal, tikus, dan hewan kecil lainnya.

Dalam memburu mangsa, mereka menggunakan strategi memanjat pohon dan meluncur dengan cepat.

Ular Ketam Bintik-bintik (Trimeresurus puniceus)

gambar ular ketam bintik-bintik (trimeresurus puniceus)
gambar ular ketam bintik-bintik (trimeresurus puniceus)

Ular Ketam Bintik-bintik (Trimeresurus puniceus) adalah salah satu spesies ular yang menarik di Malaysia.

Ular ini juga dikenal dengan sebutan “ular pokok hijau” atau “ular hijau bercorak bintik-bintik”. Ular Ketam Bintik-bintik memiliki penampilan yang mencolok dengan tubuh yang ramping dan panjang.

Warna dominan pada tubuhnya adalah hijau dengan corak bintik-bintik yang berwarna cerah seperti kuning, jingga, atau merah. Corak ini membantu mereka menyamar di antara daun-daun pohon dan lingkungan sekitarnya.

Ular Ketam Bintik-bintik biasanya ditemukan di hutan-hutan dan kawasan bersemak di Malaysia. Mereka adalah ular berbisa dan memakan hewan kecil seperti tikus, katak, dan burung kecil.

Ular ini menggunakan taring berbisa mereka untuk mematikan mangsa sebelum memakannya.

Ular Berapi (Naja spp.)

gambar ular berapi (naja spp.)
gambar ular berapi (naja spp.)

Ular Berapi (Naja spp.) adalah sekelompok spesies ular yang dikenal dengan kemampuan mereka untuk mengeluarkan racun yang sangat berbahaya. Ular-ular ini juga dikenal dengan sebutan “ular kobra”.

Ular Berapi memiliki penampilan yang khas dengan tubuh yang ramping dan panjang. Mereka memiliki kepala yang besar dan dapat ditinggikan dengan lehernya yang dililit saat mereka merasa terancam.

Warna tubuhnya bervariasi, mulai dari cokelat, hitam, hingga kekuningan dengan corak belang-belang yang mencolok. Mereka dapat ditemui di berbagai habitat di Malaysia, termasuk hutan, semak belukar, dan daerah pertanian.

Mereka adalah pemangsa yang tangkas dan memakan hewan kecil seperti tikus, katak, ular lain, dan kadang-kadang burung.

Racun yang dihasilkan oleh gigitan mereka dapat menyebabkan kerusakan pada sistem saraf manusia dan dapat berakibat fatal jika tidak ditangani dengan segera. Naja spp. meliputi beberapa spesies, termasuk di antaranya:

  1. Naja naja
  2. Naja kaouthia
  3. Naja siamensis
  4. Naja philippinensis
  5. Naja sumatrana
  6. Naja atra

Ular Berkokok (Lachesis spp.)

gambar ular berkokok (lachesis spp.)
gambar ular berkokok (lachesis spp.)

Ular Berkokok (Lachesis spp.) adalah salah satu spesies ular yang menarik perhatian di Malaysia. Ular ini juga dikenal dengan sebutan “ular berkokok berbisa”.

Ular Berkokok memiliki tubuh yang besar dan berotot, dengan panjang yang mencapai beberapa meter. Warna dominan pada tubuhnya adalah cokelat atau kehitaman dengan corak belang-belang yang terlihat jelas.

Salah satu ciri khas yang membedakan ular ini adalah kemampuannya untuk mengeluarkan suara berkokok yang kuat saat merasa terancam. Ular Berkokok adalah ular berbisa, dan bisa mereka sangat berbahaya bagi manusia.

Racun yang dihasilkan oleh gigitan mereka dapat menyebabkan efek samping yang serius, termasuk gangguan pernapasan, kelumpuhan, dan bahkan kematian.

Oleh karena itu, penting untuk menghindari kontak langsung dengan ular ini dan mencari bantuan medis segera jika tergigit. Lachesis spp. meliputi beberapa spesies, termasuk di antaranya:

  1. Lachesis muta
  2. Lachesis melanocephala
  3. Lachesis stenophrys

Ular Air (Enhydris spp.)

gambar ular air (enhydris spp.)
gambar ular air (enhydris spp.)

Ular Air (Enhydris spp.) adalah sekelompok spesies ular yang hidup di air dan dapat ditemui di Malaysia. Ular-ular ini juga dikenal dengan sebutan “ular air tawar” atau “ular sungai”.

Ular Air memiliki penampilan yang khas dengan tubuh yang ramping dan panjang.

Mereka memiliki adaptasi khusus untuk hidup di lingkungan air, seperti ekor pipih dan sisik yang membantu mereka berenang dengan lincah. Warna tubuhnya bervariasi antara cokelat gelap, hitam, atau keabu-abuan.

Ular Air umumnya ditemukan di perairan tawar seperti sungai, danau, rawa, dan kanal di Malaysia. Mereka adalah pemangsa yang lihai dan memakan ikan, katak, udang, dan hewan air lainnya.

Enhydris spp. meliputi beberapa spesies, termasuk di antaranya:

  1. Enhydris enhydris
  2. Enhydris jagorii
  3. Enhydris longicauda
  4. Enhydris matannensis
  5. Enhydris plumbea

Malaysia adalah rumah bagi berbagai jenis ular yang menarik dan menakjubkan. Keberadaan mereka dalam keanekaragaman hayati negara ini menjadi bukti kekayaan alam dan ekosistem yang seimbang.

Ular-ular ini memainkan peranan penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem dengan mengendalikan populasi hewan lain, seperti tikus dan serangga.

Leave a Comment